Implementasikan Sistem Merit, Wujudkan Pejabat Tinggi Pratama Profesional Berkualitas dan Berintegritas

oleh -23 Dilihat

PALEMBANG, kuntasnews–Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), M. Rahmattullah, S.STP., MM., menghadiri Pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemkab OKU Selatan, di Palembang, Selasa (07/05/2024).

Pada kesempatan ini, mewakili Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten OKU selatan, Joni Rafles, AP., M.Si., membuka kegiatan ini.

Asisten I dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, seleksi ini dilaksanakan untuk mendapatkan pejabat pimpinan tinggi pratama di Lingkungan Pemkab OKU Selatan yang   berintegritas, profesional dan beretika dalam melaksanakan tugasnya.

Sekretaris Daerah dalam kesempatan yang sama mengharapkan agar para peserta ini dapat melaksanakan dan mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab.

Baca Juga =  Rakor Permohonan Penetapan Lokasi Tanah Bendungan Tiga Dihaji

Dituturkannya juga bahwa dalam Surat Edaran Menpan RB Nomor 52 Tahun 2020 diamanatkan bahwa prinsip seleksi terbuka ini dilaksanakan secara transparan, objektif, dan kompetitif.

“Saya harap proses pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab OKU Selatan ini benar-benar dilaksanakan memenuhi kriteria Sistem Merit sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN),” jelasnya.

Ditambahkan Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Kabupaten OKU Selatan, drs. Herman Azedi, S.KM., MM., bahwa kegiatan seleksi ini diikuti oleh 15 orang peserta yang melamar untuk mengisi lima posisi jabatan pimpinan tinggi pratama.

Baca Juga =  BAPPERIDA OKU Selatan Gelar Rakor Persiapan Penilaian Mandiri SPIP Tahun 2024

Lima jabatan tersebut yaitu Sekretaris DPRD Kabupaten OKU Selatan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Perhubungan, dan Kepala BPKAD.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa pada seleksi ini menghadirkan lima orang penguji (dua orang internal Pemkab OKU Selatan dan tiga orang yang telah mendapatkan rekomendasi dari KASN).

Asisten III berpesan bahwa menjadi seorang pejabat memiliki tugas dan tanggungjawab yang besar. Selain itu, diperlukan dedikasi dan loyalitas.

“Untuk itu, diharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga menghasilkan pejabat tinggi pratama terbaik yang berintegritas, dan bertanggungjawab,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama kepala Badan Kepegang dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten OKU Selatan, Eva Nirwana, S.IP., MM., mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasar sejumlah peraturan baik perundang-undangan, peraturan pemerintah, peraturan menteri keputusan menteri hingga surat menteri yang bertujuan untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama yang dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif dan akuntabel.

Baca Juga =  Pilkada OKU Selatan : Masyarakat Harus Cerdas Memilih Pemimpin, " Lebih Baik Membangun Gubuk di Alam Nyata dari Pada Membangun Istana di Alam Khayalan

“Pelaksanaan seleksi terbuka jabatan Pimpinan tinggi pratama ini sendiri telah mendapat rekomendasi dari Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara melalui Surat Ketua  KASN No. B-679/JP.00.00/02/2024,” ungkapnya.

“Seleksi terbuka ini bentuk komitmen dan kepatuhan pemerintah kabupaten dalam melaksanakan sistem merit sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya.(**)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.