,

KPU OKU Selatan Gelar Rapat Pleno Terbuka, Penetapan Perolehan Kursi DPRD Hasil Pemilu Serentak Tahun 2024

oleh -56 Dilihat

 

OKU Selatan, kuntasnews–Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, menggelar rapat Pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD kabupaten OKU Selatan hasil Pemilu serentak Tahun 2024. Kamis (2/5/2024), pukul 19.00 WIB.

Diselenggarakannya, rapat Pleno terbuka ini berdasarkan PKPU No. 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu Tahun 2024. Sedangkan PKPU No.6 Tahun 2024 tentang penetapan pasangan calon, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dalam Pemilihan umum serentak, berdasarkan surat KPU RI nomor 663/PL.01.9-SD/05/2024 Tanggal 30 April 2024.

Berdasarkan peraturan yang ditetapkan, KPU Kabupaten/Kota harus menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD untuk masa jabatan selama 2024-2029. Paling lambat 3 hari setelah KPU RI menerima surat dari Mahkamah Konstitusi, terkait rekapitulasi permohonan perkara perselisihan hasil pemilihan umum serentak Tahun 2024.

Doni Yansen, Ketua KPU OKU Selatan dalam rapat yang digelar menjelaskan, hasil dari rapat pleno ini bisa menjadi dasar untuk pimpinan partai politik, sebagai syarat menentukan pencalonan pada Pilkada serentak 2024.

Adapun untuk proses alokasi kursi DPRD terpilih, nantinya bisa mengajukan kepada KPU setelah adanya usulan dari pembahasan oleh para ketua Partai politik. Pada Saat prosesnya nanti KPU akan lakukan penghitungan ulang suara secara bertahap, sehingga menghasilkan alokasi kursi DPRD sesuai dengan peraturan yang berlaku, “Ujar Ketua KPU OKUS.”

Lebih lanjut Doni menegaskan, terkait dalam proses penetapan oleh KPU OKU Selatan, sebagai lembaga resmi Negara yang dipercaya menjaga amanat rakyat akan melaksanakan dengan transparan dan demokratis.

“Situasi kondusif dimasyarakat adalah harapan kita bersama, dan tujuan agar selalu terciptanya kondisi sosial yang aman dan damai. Terpenting harus menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam menjalankan keanggotaan,” ungkapnya.

Selain itu, Doni Yansen yang sekaligus mewakili seluruh jajaran yang ada, sangat berharap kedepannya kabupaten Serasan Seandanan tercinta ini, akan jauh lebih baik lagi dan masyarakat bisa sejahtera Serta makmur. Adapun dalam rapat Pleno yang digelar tersebut, dihadiri oleh para ketua/mewakili dari semua Partai politik, pihak Bawaslu dan pihak Kepolisian serta tamu undangan lainnya.(**)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.