Pemkab OKU Selatan Ikuti Peluncuran Idek Integritas Pendidikan Tahun 2023, dan Sosialisasi SPI Pendidikan Tahun 2024

oleh -32 Dilihat

OKU Selatan, kuntasnews— Pemerintah kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, ikuti secara Virtual Peluncuran Indeks Integritas Pendidikan Tahun 2023 dan Sosialisasi Pelaksanaan SPI Pendidikan Tahun 2024, Selasa (30/04/2024). Bertempat di Ruang Vidcon Diskominfo OKU Selatan.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan Beni Suhendro, S.H., M.M., Inspektorat OKU Selatan, Para Kepala Sekolah dan undangan lainnya.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran risiko korupsi dan perbaikan sistem anti korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melaksanakan kegiatan Survei Penilaian Integritas (SPI) di Pemerintah Daerah, Survei dilakukan secara elektronik (e-SPI) terhadap Organisasi Perangkat Daerah untuk memetakan dan memonitor risiko korupsi pada Pemerintah Daerah.

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mengatakan penurunan nilai rata-rata nasional SPI harus disikapi dan ditindak lanjuti secara serius. Karenanya, mengajak seluruh penyelenggara negara di pemerintah pusat dan daerah bekerja keras untuk kembali menguatkan integritas.

Adanya penilaian integritas ini, diperlukan untuk efisiensi sumber daya mengurangi beban instansi serta yang juga penting menghasilkan perbaikan yang terintegrasi dengan nilai tambah. Penurunan tren ini, secara sederhana dapat dimengerti bahwa risiko korupsi di lembaga pemerintah masih cukup rentan.

Selanjutnya, Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., juga menyampaikan, dalam Webinar ini Survei Penilaian Integritas Pendidikan atau disebut juga SPI Pendidikan adalah survei yang dilakukan sebagai upaya untuk memetakan kondisi integritas pendidikan, baik pada lingkup peserta didik maupun ekosistem pendidikan yang memengaruhinya seperti tenaga pendidik, pimpinan, termasuk aspek pengelolaan.

Adapun tujuannya Membantu pemetaan kebutuhan program pendidikan antikorupsi melalui integrasi penanaman nilai-nilai integritas dengan kurikulum pada satuan pendidikan dan mendorong terciptanya ekosistem pendidikan yang antikorupsi. Dalam jangka panjang, diharapkan dapat berkontribusi menciptakan generasi yang berintegritas dan antikorupsi, termasuk mengurangi korupsi yang terjadi pada sektor pendidikan di Indonesia. Kontribusi Anda sangat diharapkan demi tercapainya tujuan tersebut.(**)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.