,

Pemkab OKU Selatan, Study Banding Komperatif Ke Kabupaten Ogan Ilir Terkait SPBE

oleh -66 Dilihat

OKU Selatan, kuntasnews–Pemerintah kabupaten Ogan Komering ilir  (OKI) Selatan, Study Banding Komperatif ke kabupaten Ogan Ilir (OI ), dalam rangka meningkatkan kinerja dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, melalui pengembangan sistem Pemerintah berbasis elektronik (SPBE). Senin (10/06/2024).

Kunjungan Study Banding ini dipimpin langsung oleh Plh. Sekretaris Daerah (Sekda), Joni Rafles, AP., M.Si., didampingi Asisten Bidang Pembangunan Organisasi Natalion, S.S.TP, M.Si, kepala dinas Kominfo Zakiah, S.E,.M.M, beserta jajaran lainya.

Dalam Kunjungan ini, diterima langsung oleh Wakil Bupati Ogan Ilir, H Ardani, SH., MH., didampingi Asisten I, Asisten II, Kepala dinas Kominfo dan kepala BKPSDM kabupaten Ogan Ilir.

Pertemuan ini, guna menjalin kerjasama yang baik antara Pemerintah kabupaten OKU Selatan dan Pemerintan kabupaten  Ogan Ilir, utamanya dalam pelaksanaan pengembangan SPBE.

SPBE sendiri, merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna.

Revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government, yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan TIK untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat dan pihak-pihak lainnya.

SPBE memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama, meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas, dan menekan tingkat penyalahgunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi, dan nepotisme melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik.

Plh Sekda mengucapkan terimakasih atas sambutan yang baik dari pihak Pemkab Ogan Ilir. Kunjungan ini diharapkan dapat mengakselarasi pengembangan SPBE di Kabupaten OKU Selatan guna terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Pemerintah menyadari pentingnya peran SPBE untuk mendukung semua sektor pembangunan. Upaya untuk mendorong penerapan SPBE telah dilakukan oleh pemerintah dengan menerbitkan peraturan perundang-undangan sektoral yang mengamanatkan perlunya penyelenggaraan sistem informasi atau SPBE.

SPBE juga memiliki tujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Mewujudkan, pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya; dan mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu.

Adapun sasaran SPBE ini terwujudnya tata kelola, dan manajemen SPBE yang efektif dan efisien. Terwujudnya layanan SPBE yang terpadu dan berorientasi kepada pengguna, terselenggaranya infrastruktur SPBE yang terintegrasi dan meningkatnya kapasitas SDM SPBE.(**)

Print Friendly, PDF & Email

No More Posts Available.

No more pages to load.